Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan MacBook

Kelebihan dan kekurangan MacBook

MacBook adalah salah satu produk andalan dari Apple. MacBook adalah nama produk laptop dari Apple. MacBook ada 2 tipe, yaitu MacBook Pro dan MacBook Air. MacBook Pro ditujukan untuk kebutuhan yang lebih berat, seperti desain, editing, dan rendering. Sedangkan MacBook Air lebih ditujukan untuk aktivitas yang lebih ringan seperti mengetik dan presentasi.

Selain iPhone, produk Apple yang selalu ditunggu kehadirannya adalah MacBook. Biasanya setiap tahun akan ada tipe MacBook baru yang dirilis.

Kelebihan MacBook yang terlihat jelas adalah desainnya yang kokoh dan mewah. Memang daya Tarik dari MacBook adalah dari segi desain yang benar-benar keren dan sangat berbeda dengan produk laptop merek lain.

Sedangkan kekurangan MacBook adalah harganya yang sangat mahal. Harga MacBook yang paling murah Rp13.499.000, itupun hanya dapat MacBook Air dengan spesifikasi standar. Sedangkan MacBook Pro harga paling murah Rp20.999.000.

Supaya lebih jelas dan tidak ragu-ragu Ketika hendak membeli MacBook, berikut ini kelebihan dan kekurangan MacBook.

Kelebihan MacBook

Produk Flagship dengan Desain Mewah

Biasanya setiap produsen akan menciptakan laptop berdasarkan kelas, misalnya kelas bawah, sedang, dan atas. Namun, Apple menciptakan MacBook hanya ditujukan untuk kelas atas saja.

Itu artinya semua MacBook adalah produk flagship Apple. Mulai sekarang jangan bandingkan lagi MacBook dengan laptop kelas bawah dan menengah, karena sudah jelas pangsa pasarnya sangat berbeda.

MacBook memiliki desain yang mewah dan berkelas. Desain MacBook juga memiliki ciri khas yaitu berbentuk kotak dan bagian ujung yang sedikit melengkung. Selain itu, material MacBook juga sangat premium dan berbeda jauh dengan laptop flagship lain.

Kemewahan dan keindahan desain MacBook tak lekang oleh waktu. Lihat saja MacBook Pro 2010, 2011, dan 2012 masih terlihat keren saat ini. 

Layar Berkualitas

MacBook memang masih belum support resolusi 4K, namun bukan berarti layar MacBook jelek. MacBook menggunakan layar Retina Display yang merupakan buatan Apple sendiri. Apple menjamin kalau kualitas layar buatannya ini sangat bagus dan tajam.

Baterai Tahan Lama

Baterai MacBook bisa bertahan selama 10 jam untuk pemakaian yang ringan, bahkan MacBook Air bisa bertahan selama 12 jam. Jika dibandingkan dengan laptop flagship lain tentu saja ini sangat jauh berbeda.

Hardware Awet

Banyak reviewer yang mengatakan kalau hardware MacBook cenderung lebih awet dibandingkan dengan laptop merek lain. Namun, untuk masalah awet atau tidaknya kembali lagi ke faktor pemakaian dan perawatan.

Saya pribadi benar-benar sangat takjub dengan tata letak hardware MacBook karena terlihat rapi dan indah. Ditambah lagi menggunakan motherboard berwarna hitam yang berbeda dibandingkan laptop lain. Mungkin inilah beberapa alasan yang membuat hardware MacBook itu awet.

Minim Virus

Karena MacBook menggunakan sistem operasi macOS buatan Apple sendiri, maka virus yang menyerang sistem operasi Windows tidak akan bisa menyerang MacBook. Bukan berarti MacBook tidak bisa terserang virus, hanya saja jumlah virusnya sangat sedikit dan sangat jarang.

Kinerja Mulus

Menggunakan macOS sebagai sistem operasi memberikan dampak besar terhadap MacBook, misalnya kinerja dan performa yang lebih mulus. Ditambah lagi penggunaan hardware dan software yang dirancang sendiri oleh Apple membuat kinerja dan performa MacBook makin garang. Jadi, itulah alasan kenapa MacBook memiliki kinerja yang mulus dan performa yang bagus, karena dirancang dari hardware buatan Apple sendiri dan dijalankan oleh software buatan Apple juga.

Eksklusif

Hai kaum eksklusif, kok kaum ekslusif? Jadi gini, jumlah pengguna MacBook lebih sedikit dan terbilang langka. Bahkan hanya orang-orang tertentu saja yang menggunakannya, maka boleh dikatakan pengguna MacBook adalah kaum eksklusif.

Kekurangan MacBook

Harga Mahal

Karena ditujukan untuk kalangan kelas atas, maka sangat wajar jika harga MacBook ini sangat mahal. Namun, persepsi banyak orang terhadap MacBook adalah produk yang mahal dan ini tidak bisa dipungkiri lagi.

Service Center Masih Sedikit

Produsen resmi produk-produk Apple di Indonesia adalah iBox. Jadi, apabila MacBook kita mengalami kerusakan solusinya adalah dibawa langsung ke iBox. iBox memiliki bagian khusus untuk menangani service produk. Nah, service center iBox ini belum merata di seluruh Indonesia. Boleh dikatakan baru ada di beberapa kota besar saja.

Itulah kelebihan dan kekurangan MacBook yang harus Anda ketahui agar bisa menjadi pertimbangan ketika hendak membeli MacBook. Semoga apa yang kami sampaikan memberikan banyak manfaat bagi para pembaca semua.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan MacBook"