Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW

Pengertian dan fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW

Pada artikel sebelumnya, kita sudah dibahas mengenai pengertian dan perbedaan CD ROM, CD-R, dan CD-RW. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW.

DVD ROM atau DVD ROM Drive merupakan singkatan dari Digital Versatile Disc Read Only Memory. DVD ROM memiliki bentuk yang sama persis seperti CD ROM, hanya saja memiliki kemampuan dan fitur-fitur yang berbeda.

CD ROM hanya mampu membaca data-data dari CD saja, sedangkan DVD ROM mampu membaca data-data dari DVD dan CD sekalipun. Jadi, kemampuan DVD ROM lebih baik dibandingkan CD ROM.

DVD ROM adalah tempat untuk memutar DVD. Seiring perkembangan zaman, banyak brand laptop yang sudah tidak menggunakan DVD ROM lagi karena hardware ini jarang dipakai. Biasanya sering digunakan Ketika melakukan instal ulang PC atau laptop. Namun, saat ini orang lebih memilih menggunakan flashdisk daripada DVD karena lebih mudah dan cepat.

Pengertian DVD ROM

DVD ROM atau DVD ROM Drive adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memutar DVD. Tidak hanya DVD saja, CD juga bisa diputar pada DVD ROM. Bentuknya yang sama dengan CD ROM membuat banyak orang yang masih sulit membedakan antara keduanya. Namun, biasanya pada bagian depan ada tulisan keterangan mengenai apakah CD ROM atau DVD ROM.

Sampai disini sudah paham mengenai DVD ROM?

Selanjutnya kita akan membahas mengenai DVD-R danDVD-RW. Pernah gak ketika Anda ingin membeli DVD kosong, lalu si penjual bertanya mau DVD-R atau DVD RW? Jangan sampai salah beli, karena keduanya ini berbeda, apa saja perbedaannya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu DVD-R?

DVD-R merupakan tempat penyimpanan data yang berkapasitas 4,7GB. Ketika Anda menyimpan data di DVD-R, maka data tersebut akan tersimpan permanen dan tidak bisa dihapus. Dari segi kapasitas penyimpanan, DVD lebih baik dibanding CD. DVD biasanya digunakan untuk menyimpan data-data besar dalam jumlah yang banyak, misalnya bisa digunakan untuk menyimpan file penginstalan Windows.

Apa itu DVD-RW?

Sama halnya dengan DVD-R, DVD-RW juga berkapasitas 4,7GB. Perbedaannya adalah data yang tersimpan di DVD-RW bisa dihapus dan diisi lagi dengan data yang baru. Namun, DVD-RW ini harganya sedikit lebih mahal dibandingkan DVD-R.

Jadi, itulah pengertian dan fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW. Jangan sampai salah lagi ketika hendak membeli DVD-R dan DVD-RW, sesuaikan saja dengan kebutuhan

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi DVD ROM, DVD-R, dan DVD-RW"