Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Windows karena Masalah Partisi MBR atau GPT

Cara mengatasi tidak bisa install Windows karena masalah partisi MBR atau GPT

Beberapa hari terakhir kemarin saya mendapatkan masalah tidak bisa install Windows 10 karena masalah partisi MBR dan GPT. Akhirnya saya menemukan solusinya yang akan saya jelaskan secara lengkap pada artikel ini.

Terlebih dahulu saya coba akan menjelaskan kenapa masalah ini terjadi. Jadi, saat ini teknologi berkembang dengan sangat cepat. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya teknologi baru yang ada pada PC dan laptop. Contohnya adalah hadirnya boot mode UEFI. Rata-rata PC dan laptop saat ini sudah menggunakan mode UEFI ini.

Sebelumnya mungkin Anda sudah mengenal istilah BIOS yang digunakan untuk mengatur sistem input dan output. Dengan hadirnya UEFI tentu akan membuat BIOS perlahan mulai ditinggalkan.

Untuk laptop saat ini sudah menggunakan UEFI. Namun, boot mode nya masih tetap bisa dirubah ke mode Legacy. Oh ya mode Legacy ini disebut juga BIOS yang tadi dijelaskan merupakan teknologi lama.

Jadi kedua boot mode tersebut akan sangat berpengaruh ketika Anda melakukan install Windows.

Selanjutnya ada lagi istilah MBR dan GPT yang merupakan tipe partisi hard disk. MBR merupakan tipe partisi hard disk lama yang nantinya juga akan digantikan oleh GPT yang merupakan tipe partisi baru saat ini.

Pada permasalahan ini Anda akan menemukan 2 pesan error yang berbeda, yaitu:
Pesan error #1 "Windows Cannot be Installed to This Disk. The Selected Disk Has An MBR Partition Table On EFI Systems. Windows Can Only Be Installed to GPT Disks".
Pesan error #2 "Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is of the GPT partition style".
Pesan error #1 mengatakan bahwa tipe partisi hard disk adalah MBR. Permasalahannya adalah mungkin ketika membuat bootable flashdisk Anda lupa mengganti pada bagian Partition scheme menjadi MBR. Sehingga tidak sinkron antara tipe partisi dengan bootable yang dibuat.

Solusi untuk pesan error #1 ini adalah pada saat Anda akan membuat bootable flashdisk Windows pada bagian Partition scheme pilih MBR.
Cara mengatasi tidak bisa install Windows karena masalah partisi MBR atau GPT

Terlebih dahulu pastikan ketika membuat bootable flashdisk Windows menggunakan aplikasi Rufus versi paling baru yang bisa Anda download disini.

Lalu pesan error #2 mengatakan bahwa tipe partisi hard disk adalah GPT. Yang harus Anda lakukan adalah membuat bootable flashdisk yang pada bagian Partition scheme menggunakan GPT.
Cara mengatasi tidak bisa install Windows karena masalah partisi MBR atau GPT

Jika kedua cara di atas masih belum berhasil, maka solusi berikutnya adalah merubah tipe partisi hard disk menjadi GPT. Untuk caranya bisa melalui CMD atau menggunakan aplikasi MiniTool Partition Wizard yang bisa digunakan secara gratis.

6 komentar untuk "Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Windows karena Masalah Partisi MBR atau GPT"

  1. ..jazakallah khoir..., kebetulan nemu problem ini...jadi nambah ilmu...

    BalasHapus
  2. Thanks infonya gan👍

    BalasHapus
  3. Ka kan saya mau restart laptop trs mau memperbaharui ke windows 10 trs tiba2 laptop mati saya nyatakan trs ada tulisan "undoing changes made to your computer" trs loading aja ,itu gimana ya ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu saja soalnya itu lagi proses update

      Hapus

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dipahami. Akan lebih baik jika sebuah pertanyaan disertai dengan gambar, misalnya gambar keterangan error yang dialami. Upload gambar ke https://prnt.sc/, lalu bagikan linknya.