Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menginstal Ulang Laptop Windows 10

Cara Menginstal Ulang Laptop Windows 10

Jika ditanya sistem operasi apa yang paling banyak digunakan pada PC atau laptop orang Indonesia? Maka jawabannya adalah Windows. Hal ini memang benar adanya, rata-rata PC dan laptop orang Indonesia sistem operasinya menggunakan Windows. Sistem operasi buatan Microsoft ini sangat mudah dioperasikan sekalipun oleh orang awam di dunia komputer.

Dari sekian banyak versi Windows, Windows 10 menjadi sistem operasi yang paling populer dan paling banyak digunakan. Dikutip dari sumber terpercaya, pengguna Windows 10 sudah tembus 900 juta. Seiring berjalannya waktu jumlah pengguna Windows 10 tentunya akan terus bertambah.

Dukungan dari Microsoft yang rutin memberikan update jika terdapat bug tentunya manjadi nilai tersendiri bagi pengguna Windows 10. Sebagai pengguna, tentunya kita tidak ingin dirugikan ketika menggunakan Windows 10. Misalkan performa yang lemot, sering crash, dan masalah lainnya. Karena seperti yang kita tau kalau kita harus mengeluarkan uang di atas 2 juta untuk membeli Windows 10.

Sebagai pengguna Windows 10, tentunya kita harus mengetahui cara install sistem operasi ini. Boleh dikatakan ini adalah dasar yang harus dimiliki pengguna Windows 10. Meskipun Anda bisa membayar orang untuk melakukan install Windows 10, namun ada baiknya jika Anda melakukannya sendiri. Selain hemat uang dan waktu, dengan melakukan install Windows 10 sendiri juga akan menambah pengetahuan Anda seputar instalasi sistem operasi sehingga kedepannya Anda bisa melakukan install ulang Windows 10 berkali-kali tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Ada beberapa alasan yang mengharuskan kita untuk menginstal ulang PC atau laptop. Misalnya performa yang sudah sangat lemot, terserang virus, file sistem corrupt, sering restart sendiri, dan alasan lainnya.

Sebelum masuk pada pembahasan inti mengenai cara menginstal ulang laptop Windows 10, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan dipersiapkan agar proses penginstalan berjalan dengan lancar.

Yang Harus Dilakukan Sebelum Mulai Menginstal Ulang Laptop

 

Membackup Data

Hal pertama yang harus dilakukan ketika hendak menginstal ulang laptop adalah membackup data-data yang ada di Local Disk (C:) seperti di desktop, documents, downloads, musik, pictures, dan video. Pindahkan data-data yang ada di folder tersebut ke Local Disk (D:) atau hard disk eksternal agar lebih aman.

Ketika melakukan install ulang Windows 10, maka partisi Local Disk (C:) akan di format. Sebaiknya jangan menyimpan data-data penting di Disk C.

Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mulai Menginstal Ulang Laptop

 

1. Media Instalasi Windows 10

Ada 2 media instalasi sistem operasi yang paling sering digunakan saat ini, yaitu flashdisk dan DVD. Kedua media ini mempunyai kelebihan masing-masing. Namun, disini kami menyarankan untuk menggunakan flashdisk saja karena proses install Windows 10 akan lebih cepat. Kapasitas minimum flashdisk yang disarankan adalah 8GB. Sedangkan untuk DVD, gunakan DVD-R saja yang harganya lebih murah.

2. File Software Windows 10

Biasanya file Windows 10 ini dikemas dalam format ISO. Anda bisa mendapatkan file Windows 10 ini di laman resmi website Microsoft. Sebenarnya file ISO Windows 10 ini banyak sekali bertebaran di internet, namun disini kami hanya menyarankan untuk download hanya di website resmi Microsoft.

Jika ingin lebih gampang mendapatkan file ISO Windows 10 bisa melalui Media Creation Tool. Download Windows 10 Media Creation Tool terlebih dahulu, lalu jalankan file tersebut.

Langkah-Langkah Download File ISO Windows 10 Melalui Media Creation Tool

  1. Pilih Accept.
  2. Pilih Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC, lalu klik Next.
  3. Hilangkan centang pada Use the recommended options for this PC, kemudian pilih bahasa, edisi, dan arsitektur yang ingin di download. Klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  4. Pilih ISO file, lalu klik Next.
  5. Pilih tempat penyimpanan file ISO di PC atau laptop, lalu klik Save.
  6. Selanjutnya file ISO akan otomatis di download, dilanjutkan dengan melakukan verifikasi file yang sudah didownload dan akan dilanjutkan lagi dengan membuat file ISO Windows 10. Proses ini dilakukan secara otomatis, Anda hanya perlu menunggu hingga proses ini selesai.

Ada cara lain untuk mendownload file ISO Windows 10 dengan bantuan aplikasi pihak ketiga bernama Windows ISO Downloader. Meskipun menggunakan tool pihak ketiga, tetapi Anda tidak perlu khawatir karena file ISO yang didownload langsung dari server Microsoft juga.

Langkah-Langkah Download File ISO Windows 10 Melalui Windows ISO Downloader

  1. Download Windows ISO Downloader.
  2. Jalankan aplikasi Windows ISO Downloader, lalu pilih Windows 10.
  3. Pada pilihan Select Edition, silakan pilih edisi Windows 10 sesuai keinginan. Kami menyarankan untuk memilih Windows 10 Home/Pro. Selanjutnya klik Confirm.
  4. Selanjutnya pilih bahasa, kami menyarankan untuk memilih bahasa English. Lalu tekan Confirm.
  5. Pilih mau Windows 10 32-bit atau 64-bit.
  6. Ketika popup muncul, pilih Save.

3. Membuat Bootable Windows 10

Sebenarnya dengan menggunakan aplikasi Media Creation Tool Anda juga bisa langsung membuat bootable flashdisk Windows 10. Berikut langkah-langkah membuat bootable flashdisk Windows 10 menggunakan Media Creation Tool.
  1. Colokkan flashdisk, pastikan flashdisk terbaca di PC atau laptop.
  2. Buka aplikasi Media Creation Tool yang sudah di download tadi.
  3. Pilih Accept.
  4. Pilih Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC, lalu klik Next.
  5. Hilangkan centang pada Use the recommended options for this PC, kemudian pilih bahasa, edisi, dan arsitektur yang ingin di download. Klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
  6. Pilis USB flash Drive, lalu klik Next.
  7. Pilih USB flashdisk yang telah dicolokkan tadi, selanjutnya klik Next.
  8. Proses pembuatan bootable USB flashdisk dimulai. Media Creation Tool akan terlebih dahulu mendownload file installer Windows 10, kemudian dialnjutkan dengan menjadikannya sebagai bootable flashdisk. Tunggu hingga semua proses benar-benar selesai.
  9. Setelah proses selesai, maka flashdisk telah siap digunakan untuk melakukan install Windows 10.
Kelemahan membuat bootable flashdisk dengan Media Creation Tool ini adalah membutuhkan waktu yang lama dan kuota internet yang besar.

Selain cara di atas, ada cara yang lebih kami rekomendasikan untuk membuat bootable flashdisk Windows 10. Cara ini akan membutuhkan aplikasi pihak ketiga, yaitu Rufus. Download Rufus terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah membuat bootable flashdisk Windows 10 menggunakan Rufus.
  1. Colokkan flashdisk, pastikan flashdisk terbaca di PC atau laptop.
  2. Jalankan aplikasi Rufus yang telah di download.
  3. Klik Select dan pilih file ISO Windows 10.
  4. Klik Start.

Perhatikan pada bagian Partition scheme, ada pilihan MBR dan GPT. Ini bagian penting ketika membuat bootable flashdisk menggunakan Rufus, jangan sampai salah pilih. Makanya harus dilakukan pengecekan terhadap partisi laptop Anda.

Langkah-Langkah Mengecek Partisi MBR atau GPT

  1. klik kanan pada Start Windows, lalu pilih Computer Management. Atau bisa juga dengan klik tombol pencarian yang biasanya berada disamping tombol Start Windows, lalu ketikkan Computer Management.
  2. Klik Disk Management.
  3. Selanjutnya fokus pada kolom Disk 0, Disk 1, Disk 2, atau Disk seterusnya.
  4. Pilih salah satu Disk tempat file sistem Windows 10 atau Local Disk (C:) tersimpan, lalu klik kanan dan lihat pada pilihan yang muncul apakah Convert to MBR Disk atau Convert to GPT Disk.
  5. Jika yang muncul Convert to MBR Disk berarti partisi hard disk atau SSD laptop Anda adalah GPT, Apabila pilihan yang muncul Convert to GPT Disk berarti partisinya MBR.

Anda juga bisa membuat bootable DVD Windows 10 dengan terlebih dahulu harus membeli DVD kosong. Selanjutnya lakukan burning file ISO Windows 10 ke dalam DVD tersebut.

Karena kapasitas DVD ini hanya 4,7GB saja, sedangkan file ISO Windows 10 khususnya yang 64-bit berukutan lebih dari 5GB maka bootable DVD tidak bisa dibuat dan pilihan media penginstalan hanya flashdisk saja.
Install ulang Windows 10 masih bisa menggunakan media DVD hanya untuk yang versi 32-bit saja karena ukurannya masih di bawah 4GB.

 Langkah-Langkah Burning Windows 10 ke DVD

  1. Masukkan DVD ke dalam DVD-ROM.
  2. Apabila DVD berhasil terbaca di laptop, maka akan muncul sebuah popup, lalu pilih With a CD/DVD player.
  3. Klik kanan pada file ISO Windows 10, lalu pilih Burn disc image
  4. Klik Burn.

4. Mengatur Boot Priority pada BIOS

Untuk dapat mengatur boot priority, terlebih dahulu harus masuk ke sistem BIOS laptop Anda. Untuk dapat masuk ke sistem BIOS harus menekan sebuah tombol. Setiap brand laptop memiliki perbedaan tombol untuk masuk ke sistem BIOS. Untuk mengetahui tombol apa yang ditekan agar bisa masuk ke sistem BIOS, silahkan lihat petunjuknya pada bagian kiri bawah layar ketika laptop pertama kali dihidupkan.

Misalnya laptop Acer yang menggunakan tombol F2 untuk masuk ke sistem BIOS. Ada juga tombol Del, Esc, F1, F10, dan tombol lainnya.

Setelah berhasil masuk ke BIOS, silahkan pilih menu Boot. Ubah settingan prioritas booting ke flashdisk apabila Anda menggunakan flashdisk sebagai media instalasi Windows 10. Ketika Anda menggunakan DVD, maka ubah settingan prioritas booting ke CD/DVD.

Untuk mengatur urutan prioritas booting ini silahkan tekan tombol F5/F6. Selanjutnya Save and Exit dengan menekan tombol F10 atau bisa juga dengan pilih menu Exit lalu Save.
Kemungkinan terdapat perbedaan untuk mengatur prioritas booting ini. Silahkan untuk lebih jelasnya lihat petunjuknya di bagian bawah layar.

Setelah mengatur prioritas booting, selanjutnya laptop akan restart otomatis dan proses install Windows 10 dimulai.

Biasanya ketika melakukan instalasi Windows 10 menggunakan DVD akan muncul tampilan yang bertuliskan Press any key to boot from CD or DVD. Ini muncul ketika laptop pertama kali menyala setelah mengatur prioritas booting tadi.

Nah, yang perlu Anda lakukan adalah menekan sembarang tombol sebelum tampilan tersebut menghilang.

Biasanya ketika proses instalasi Windows 10 akan terjadi restart beberapa kali secara otomatis. Apabila tampilan Press any key to boot from CD or DVD muncul lagi, maka abaikan saja. Karena jika Anda tekan sembarang tombol lagi maka proses instalasi Windows 10 akan diulang dari awal lagi.

Berbeda halnya jika Anda menggunakan flashdisk sebagai media instalasi Windows 10, yang akan langsung dibawa menuju tahap awal install Windows 10. Artinya tampilan Press any key to boot from CD or DVD tidak akan muncul ketika melakukan install Windows 10 dengan flashdisk.

Cara Menginstal Ulang Laptop Windows 10


1. Pada Time and currency format pilih Indonesian (Indonesia), lalu klik Next. Untuk Language to install dan Keyboard or input method tidak usah diganti alias biarkan default saja.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

2. Klik Install now.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

3. Masukkan product key Windows 10, lalu klik Next.
Di tutorial ini kami menggunakan Windows 10 Pro original, sehingga kami memiliki Product Key.
Jika tidak mempunya product key Windows 10 maka lewati tahap ini dengan mengklik I don't have a product key, lalu pilih Windows 10 Pro atau sesuai keinginan saja.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

Product key Windows 10 bisa Anda dapatkan dengan membeli Windows 10 asli seharga 2 juta lebih.

4. Centang I accept the license terms, lalu klik Next.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

5. Pilih Custom: Install Windows only (advanced).
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

6. Tahap terpenting dalam proses install sistem operasi adalah format partisi. Jangan sampai salah format partisi karena bisa menyebabkan data-data di laptop Anda hilang. Pilih partisi dimana file sistem Windows 10 disimpan atau lebih dikenal dengan Local Disk (C:). Klik Format, lalu klik OK pada popup peringatan yang muncul.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

7. Pilih partisi Disk C, lalu klik Next.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

8. Proses install Windows 10 sedang berjalan. Tunggu proses copy file Windows dan install hingga benar-benar selesai.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

9. Apabila telah selesai proses sebelumnya maka sistem akan melakukan restart otomatis atau bisa langsung klik Restart now dan sistem akan segera melakukan restart. Segera cabut flashdisk agar proses install Windows 10 dapat berlanjut ke tahap berikutnya. Jika menggunakan DVD maka ini adalah opsi pilihan saja, boleh mengeluarkan DVD atau membiarkannya saja berada dalam DVD ROM.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

10. Selanjutnya tahap menyiapkan Windows 10 dan tunggu prosesnya hingga selesai.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

Jangan panik ketika sistem melakukan restart otomatis karena itu adalah termasuk proses install Windows 10.

11. Pilih Indonesia, lalu klik Yes.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

12. Untuk layout keyboard pilih US, lalu klik Yes.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

13. Klik Skip untuk pilihan layout keyboard kedua.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10
Apabila Anda tidak memiliki Windows 10 yang asli maka disarankan untuk tidak menghubungkan ke jaringan internet. Jika Anda mempunyai Windows 10 asli maka disarankan untuk menyambungkan ke jaringan internet.
Apabila Anda tidak menyambungkan PC atau laptop ke jaringan internet, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan nama PC atau laptop sesuai keinginan. kemudian membuat password dan melakukan konfirmasi password.

Selanjutnya membuat pertanyaan keamanan untuk akun. Pilihan pertanyaan sudah disediakan, Anda tinggal memilih sebanyak 3 pertanyaan. Jawaban dari pertanyaan tersebut harus Anda ingat. Tahap selanjutnya silahkan ikuti langkah ke-19 pada tutorial ini.

Langkah di bawah ini merupakan lanjutan jika Anda meyambungkan laptop ke jaringan internet.

14. Karena kami menggunakan PC/laptop untuk keperluan pribadi, maka pilih Set up for personal use. Selanjutnya klik Next.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

15. Anda diminta untuk login menggunakan akun Microsoft. Masukkan email Microsoft, lalu klik Next.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

Apabila tidak mempunyai akun Microsoft, maka pilih Offline account. selanjutnya pilih No. Masukkan nama PC/laptop sesuai dengan keinginan, lalu klik Next. Buat password, kemudian klik Next. Lanjutkan dengan langkah ke-19 pada tutorial ini.

Pilihan lain Anda juga bisa membuat akun Microsoft dengan mengklik Create account.

16. Masukkan password akun Microsoft, lalu klik Next.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

17. Klik Create PIN untuk membuat PIN keamanan.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

18. Masukkan PIN berupa angka yang rumit agar tidak bisa ditebak orang lain demi keamanan laptop Anda. Selanjutnya klik OK.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

19. Klik Yes untuk memunculkan histori aktivitas di Windows 10.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

20. Pilih Do it later.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

21. Apabila sebelumnya Anda login menggunakan akun Microsoft, maka akan ada pilihan seperti di bawah ini. Pilih Yes jika ingin menyimpan data-data otomatis di OneDrive dengan syarat harus terhubung dengan jaringan internet. Atau pilih Only save file to this PC apabila hanya ingin menyimpan file secara offline hanya di PC/laptop saja.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

22. Lewati langkah ini dengan mengklik No.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

23. Selanjutnya adalah mengatur privasi untuk perangkat PC/laptop. Defaultnya akan mengaktifkan semua privasi kegiatan di laptop. Anda juga bisa memilih satu persatu privasi yang ingin diaktifkan dan di nonaktifkan. Caranya slider ke kiri untuk menonaktifkan dan slider ke kanan untuk mengaktifkan.

Disini kami mengaktifkan semua privasi perangkat PC/laptop. Kemudian klik Accept.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

24. Windows 10 sedang dipersiapkan dan tunggu prosesnya sampai selesai.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

25. Windows 10 telah berhasil di install.
Langkah-Langkah Install Ulang Windows 10

Selanjutnya update Windows 10 dengan cara klik Start - Settings - Update & Security - Check for updates. Tujuannya agar driver PC atau laptop terinstal dan siap digunakan.

Rangkuman Install Ulang Laptop Windows 10

  1. Siapkan flashdisk atau DVD.
  2. Siapkan atau download file ISO Windows 10.
  3. Buat bootable flashdisk atau burning DVD.
  4. Atur prioritas booting di BIOS.
  5. Install Windows 10.

Itulah langkah-langkah install ulang Windows 10 di laptop. Jika masih ada yang kurang jelas, silahkan tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan semoga artikel tutorial ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Menginstal Ulang Laptop Windows 10"