Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala dan Solusinya

Laptop tidak mau menyala adalah masalah yang sangat sering terjadi pada laptop. Masalah ini termasuk kategori susah dan membutuhkan kemampuan khusus. Namun, melalui artikel ini kami akan membuat Anda memiliki kemampuan khusus tersebut agar dapat mengatasi masalah ini.

Disaat pekerjaan menumpuk dan deadline dimana-mana, peran laptop sangat dibutuhkan agar semua pekerjaan tersebut dapat diselesaikan tepat waktu. Namun, ketika baru mau mulai ternyata laptop tidak mau menyala. Duh, masalah memang sering muncul di waktu yang tidak tepat ya.

Tenang saja, sebaiknya Anda ketahui dulu apa penyebab dari laptop tidak mau menyala ini.

Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala

Baterai Laptop Rusak

Apabila baterai laptop rusak, tentu laptop tidak mau menyala karena tidak ada sumber energi. Kita tau bahwa baterai adalah sumber energi laptop yang mampu membuat laptop bertahan selama 2-3 jam tanpa harus terhubung dengan listrik.

Laptop tidak mau menyala

Baterai adalah komponen laptop yang sangat rawan rusak. Penyebab baterai laptop rusak biasanya karena sering dicas dan lupa mencabut ketika sudah penuh. Selain itu, sering membiarkan baterai laptop habis hingga 0% juga menjadi salah satu faktor penyebab kerusakan pada baterai.

Charger Laptop Rusak

Apabila Anda biasanya menggunakan laptop tanpa baterai, maka charger akan menjadi penghubung antara laptop dan listrik. Apabila charger rusak, listrik tidak bisa dialirkan ke laptop sehingga laptop tidak mau menyala.

Laptop tidak mau menyala

Charger terdiri dari kabel power dan adaptor. Biasanya yang sering rusak adalah adaptor, namun kabel power yang putus juga sering menjadi penyebab masalah ini.

Laptop tidak mau menyala

Kabel Fleksibel Power Putus

Kecil kemungkinan jika penyebab laptop tidak mau menyala dikarenakan kabel fleksibel power putus. Namun, saya pernah mengalami masalah kabel power yang putus. Memang waktu itu saya sering sekali membongkar laptop, mungkin tidak hati-hati hingga akhirnya menyebabkan kabel fleksibel power putus.

Laptop tidak mau menyala

Kabel fleksibel memang berada di dalam casing laptop, tentu tingkat keamanannya lebih tinggi. Persentase kerusakannya juga sangat kecil kalau Anda tidak sering membongkar laptop.

Motherboard Rusak

Motherboard adalah papan utama dimana semua kegiatan sistem laptop akan saling terhubung melalui benda ini. Memang laptop adalah satu kesatuan dari berbagai komponen yang saling terhubung dan bekerjasama dalam sebuah sistem komputasi. Namun, apabila motherboard sudah rusak maka kemungkinan untuk pulih total sangat kecil dan biaya perbaikannya juga sangat mahal. Makanya, sering teknisi bilang kalau motherboard rusak mending beli laptop baru saja.

Laptop tidak mau menyala

Untuk mengecek  dan memperbaiki motherboard dibutuhkan teknisi yang benar-benar ahli dalam bidang motherboard.

Nah, itulah 4 penyebab laptop tidak mau menyala yang mungkin salah satunya menjadi biang masalah laptop Anda tidak mau menyala. Ada masalah, pasti ada solusi. Berikut solusi laptop tidak mau menyala yang bisa Anda coba.

Solusi Laptop Tidak Mau Menyala

Untuk urutan solusi ini menyesuaikan dengan urutan penyebab yang dijelaskan di atas ya.
  1. Lepas baterai laptop dari tempatnya, lalu nyalakan laptop dengan menggunakan charger. Apabila laptop menyala berarti baterai laptop Anda memang rusak dan segera ganti dengan baterai baru yang asli.
  2. Jika cara di atas masih belum bisa, coba colokkan charger laptop Anda ke laptop teman kosan yang paling dekat atau tetangga yang mempunyai laptop dengan chargeran sejenis. Tes apakah charger laptop Anda bekerja di laptop lain atau tidak. Atau Anda juga bisa meminjam charger teman, lalu mencolokkannya di laptop Anda. Biasanya pada adaptor ada lampu indikator yang menyala. Apabila lampu tersebut mati, maka ini merupakan ciri-ciri adaptor yang rusak.
  3. Saya pernah mengalami ini karena sering membongkar laptop. Mungkin tidak sengaja ketarik kabel fleksibelnya hingga putus. Memang kalau kabel fleksibel putus tidak terlalu kelihatan, namun feeling saya mengatakan ini penyebab masalahnya soalnya baterai dan charger dalam kondisi yang baik atau tidak ada bermasalah. Untuk solusi ini Anda harus mempunyai keberanian untuk membongkar laptop. Lakukan dengan hati-hati jangan sampai merusak komponen yang lain.
  4. Nah, kalau ketiga solusi di atas tidak berhasil juga berarti ada yang salah dengan motherboard. Untuk kerusakan motherboard bisa langsung membawa ke tempat service laptop terdekat. Masalah pada motherboard adalah masalah yang paling rumit pada laptop yang membutuhkan kemampuan dan alat khusus. Untuk teman-teman yang berada di jogja, saya ada rekomendasi tempat service laptop terpercaya, yaitu LaptopGuard.

Memang masalah laptop tidak mau menyala ini  masuk dalam kategori yang rumit. Namun, jika penyebabnya baterai atau charger rusak tentu Anda bisa mengatasinya sendiri. Jangan gegabah untuk membeli baterai dan charger baru. Pinjam dulu sama teman, lalu lakukan tes di laptop Anda.

Sebenarnya saya sangat suka dengan masalah, karena bisa belajar dan banyak hikmah dari masalah. Apalagi jika kita berhasil mengatasi masalah tersebut tentu akan menjadi kebanggaan. Disaat laptop Anda terkena masalah, maka disaat itulah Anda bisa belajar dan menambah ilmu pengetahuan.

Sekian artikel mengenai penyebab laptop tidak mau menyala dan solusinya. Semoga cara di atas dapat membantu menyelesaikan masalah laptop teman-teman.

Posting Komentar untuk "Penyebab Laptop Tidak Mau Menyala dan Solusinya"