Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan SSD dan HDD Secara Lengkap

Perbedaan SSD dan HDD
Teknologi berkembang dengan sangat cepat. Salah satu teknologi yang mengalami perkembangan sangat cepat adalah media penyimpanan. Kepopuleran SSD saat ini makin merajalela, ditambah lagi harganya yang terus turun. Namun, bukan berarti HDD sudah tidak digunakan lagi. HDD masih tetap diminati di tengah kepopuleran SSD saat ini.

Sesungguhnya Solid State Drive (SSD) dan Hard Disk Drive (HDD) memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai media penyimpanan data pada komputer atau laptop. Namun, lebih banyak perbedaan di antara kedua benda ini.

Perbedaan SSD dan HDD

1. Ukuran dan Berat

Saat ini ukuran SSD hanya tersedia satu, yaitu 2,5 inci. Berbeda dengan HDD yang tersedia ukuran 3,5 inci untuk komputer dan 2,5 inci untuk laptop.

Meskipun ukuran SSD dan HDD laptop sama-sama 2,5 inci, namun berat keduanya berbeda. HDD akan lebih berat karena komponennya berupa perangkat mekanik dan elektronik, seperti platter, head, dan lainnya. Sedangkan SSD lebih ringan karena komponennya hanya berupa chip memori.

2. Komponen

Perbedaan kedua antara SSD dan HDD adalah dari komponen penyusunnya. Komponen SSD lebih simple karena hanya terdiri dari komponen elektronik, seperti Integrated Circuit (IC), chip, dan kapasitor sebagai komponen pendukung.

Sedangkan untuk komponen HDD sedikit lebih banyak, karena terdiri dari komponen mekanik dan elektronik. Komponen mekanik HDD, seperti piringan, motor dan lengan akan saling terhubung ke komponen elektronik yang mengolah proses baca dan tulis data.

3. Kecepatan

Kecepatan baca dan tulis pada SSD dan HDD berbeda jauh. SSD memiliki kecepatan 5 kali bahkan lebih dibanding HDD. Contohnya pada proses booting komputer atau laptop. Komputer yang menggunakan SSD hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk menyelesaikan proses booting. Sedangkan HDD bisa lebih dari 1 menit, itupun tergantung dari spesifikasinya.

4. Efek dan Daya

Aktivitas SSD dan HDD menimbulkan efek panas, namun efek panas pada HDD akan lebih tinggi dibandingkan SSD. Ketika bekerja, HDD menimbulkan efek yang berisik karena piringan pada HDD yang terus berputar ketika HDD bekerja. Sedangkan pada SSD tidak menimbulkan suara bising sama sekali.

Untuk konsumsi daya pada SSD dan HDD sangat berbeda. Konsumsi daya pada HDD lebih tinggi dibanding SSD, yaitu sekitar di atas 10 watt. Sedangkan SSD hanya membutuhkan daya sekitar 1 watt saja ketika bekerja.

5. Slot

Slot adalah sebuah papan sirkuit yang terintegrasi dengan motherboard dan digunakan untuk menancapkan komponen tambahan. SSD dan HDD laptop memiliki ukuran sama-sama 2,5 inci dan tidak ada masalah ketika ingin meletakkan SSD di slot HDD dan begitupun sebaliknya karena kedua komponen ini memiliki slot yang sama, yaitu SATA.

Berbeda dengan SSD pada PC yang menggunakan slot M.2. Jadi, ketika Anda mempunyai PC dan ingin menggunakan SSD maka cari SSD dengan slot M.2.

Slot M.2 saat ini juga sudah tersedia di laptop keluaran terbaru. Jadi, akan lebih banyak pilihan media penyimpanan yang bisa digunakan dalam waktu bersamaan.

Pada HDD terdapat slot ATA dan SATA. Sedangkan pada SSD terdapat slot SATA dan M.2.

6. Harga

Nah, alasan masih banyak orang yang enggan menggunakan SSD adalah karena harganya yang sangat mahal. Namun, saat ini harga SSD mengalami penurunan yang sangat drastis. Misalkan SSD 250GB harganya sekarang sekitar Rp500.000. Jika Rp500.000 dibelikan ke HDD maka akan dapat kapasitas yang 500GB.

Kalau dulu memang harga SSD masih sangat tinggi. Waktu itu saya beli SSD Samsung 250GB harganya masih Rp1.500.000. Terlihat sekali kalau harga SSD sudah turun drastis saat ini.

Bagi pengguna laptop lama yang ingin membuat performa laptopnya kencang, maka salah satu solusinya adalah dengan menggunakan SSD. Anda bisa membeli SSD 120GB untuk menyimpan data Disk C. Sedangkan untuk menyimpan data pribadi masih tetap di HDD dengan menggunakan HDD Caddy.

Seiring perkembangan zaman, DVD ROM pada laptop sudah sangat jarang digunakan. Akan lebih bermanfaat jika diganti saja dengan HDD Caddy. Dengan begitu, pada laptop Anda akan terdapat 2 media penyimpanan sekaligus dan akan lebih meningkatkan performa.

Itulah beberapa perbedaan SSD dan HDD sekaligus beberapa info tambahannya. Senang bisa berbagi informasi dan terimakasih sudah berkunjung di blog ini.

Posting Komentar untuk "Perbedaan SSD dan HDD Secara Lengkap"