Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala

Apabila Anda sedang mencari cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin menyala, maka Anda menemukan artikel yang tepat. Kami akan mencoba membantu teman-teman mengatasi masalah ini.

Penyebab masalah ini bisa karena pengaturan sistem yang salah atau ada hardware yang bermasalah. Kebanyakan untuk masalah ini penyebabnya datang dari hardware, yaitu RAM atau memori laptop. Bisa jadi RAM longgar atau bahkan RAM rusak.

Meskipun RAM termasuk salah satu komponen yang paling awet, namun tidak menutup kemungkinan mengalami kerusakan. Namanya juga barang elektronik, tidak ada yang awet karena sering dipakai.

Baca juga: 5 Merk RAM Laptop yang Bagus

Untuk masalah ini, kita harus membongkar laptop. Apabila laptop teman-teman masih ada garansi, sebaiknya bisa klaim garansi saja.

Mungkin jika mendengar kata "Bongkar" banyak orang yang malas dengan hal ini karena ribet. Namun, untuk mengatasi masalah ini satu-satunya cara adalah dengan membongkar laptop.

Ada sebagian laptop yang untuk mengecek RAM tidak harus membongkar secara keseluruhan. Tipe laptop lama biasanya menyediakan tempat RAM yang terpisah. Jadi, kita hanya perlu membuka tempat RAM tersebut. Namun, ada juga tipe laptop yang apabila untuk mengecek RAM harus dibongkar keseluruhannya. Ini biasanya terdapat pada laptop tipe-tipe baru.

Cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala

Lepas baterai sebelum membongkar laptop agar tidak terjadi korsleting. Nah, jika laptop Anda menggunakan baterai tanam, harus membongkar secara keseluruhan. Kalau ribet untuk yang baterai tanam, dibiarkan saja tidak apa-apa.

Cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala

Inilah yang kami suka dari laptop lama, disediakan casing secara terpisah untuk RAM dan hard disk. Jadi, kalau mau upgrade RAM dan hard disk bisa lebih gampang tanpa harus membongkar total.

Disarankan untuk melepas hard disk, karena pada prosesnya nanti kita akan sering mematikan laptop secara paksa. Mematikan laptop secara paksa dapat merusak hard disk.

Sekarang fokus pada RAM laptop. Lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Cabut RAM, lalu pasang kembali. Untuk casing laptop tidak perlu dipasang dulu, lalu coba nyalakan laptop.
  2. Apabila layar laptop masih mati, coba tes pasang RAM satu persatu.
  3. Jika di slot pertama layar masih mati, coba pindahkan ke slot lainnya.
  4. Intinya coba lepaskan dan pasang kembali RAM. Bisa juga dengan saling memindahkan posisi pada slot RAM.
  5. Jika layar laptop tetap tidak menyala, bisa jadi RAM rusak.

Sebaiknya Anda selalu menyediakan RAM laptop cadangan, agar bisa digunakan untuk bahan tes jika ada masalah seperti ini. Cara lain adalah dengan meminjam RAM laptop teman dengan tipe yang sama.

Untuk melihat apakah LCD laptop rusak atau tidak, coba gunakan layar monitor komputer. Colokkan kabel VGA monitor ke laptop. Coba tekan tombol Windows + P, lalu pilih Duplicate. Jika bisa diatasi dengan cara ini berarti tadi ada pengaturan sistem yang salah, sehingga menyebabkan layar laptop mati.

Inilah sedikit yang bisa kami bagi mengenai cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala. Semoga masalah ini bisa diatasi dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas. Apabila teman-teman mempunya cara lain untuk mengatasi masalah ini bisa dituliskan pada kolom komentar di bawah ini.

2 komentar untuk "Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala"

  1. Kalo blackscreen tapi ada gbr gelap bnget ampir ngga keliatan tapi kalo disenter keliatan sedikit apa yah gan apa ram nya rusak atau lcd monitor
    Laptop saya lenovo ideapad 330-14ast ddrnya 3atau 4yah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya LCD laptopnya yang bermasalah

      Hapus

Silahkan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan mudah dipahami. Akan lebih baik jika sebuah pertanyaan disertai dengan gambar, misalnya gambar keterangan error yang dialami. Upload gambar ke https://prnt.sc/, lalu bagikan linknya.