Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop Stuck di Logo

Cara mengatasi laptop stuck di logo termasuk kategori susah, karena berhubungan dengan hardware. Untuk mengecek hardware, maka harus membongkar laptop.

Membongkar laptop sebenarnya mudah, namun dibutuhkan keberanian yang kuat karena beresiko. Resikonya bukan membuat laptop tambah rusak, melainkan hanya casing tergores atau ada pengait casing yang patah. Untuk mengurangi resiko ini, bisa menggunakan pick gitar atau sim card.

Anda juga bisa memanfaatkan YouTube untuk belajar membongkar laptop. Kami rasa di YouTube banyak sekali video tutorial membongkar laptop, bahkan mungkin ada tutorial membongkar laptop yang sama persis dengan tipe laptop Anda.

Kembali ke permasalahan laptop stuck di logo. Kami pernah mengalami masalah ini pada saat ingin membuat dual OS, namun gagal. Ketika laptop dihidupkan, selanjutnya hanya stuck di logo dan tidak bisa masuk BIOS dengan status Please Wait.

Masalah laptop stuck di logo tidak bisa diatasi dengan instal ulang Windows. Bahkan masuk ke safe mode juga tidak bisa. Ini menunjukkan bahwa bukan sistem yang bermasalah, namun hardware yang error atau rusaklah yang menyebabkan masalah ini terjadi.

Cara mengatasi laptop stuck di logo

Cara Mengatasi Laptop Stuck di Logo

Periksa Hard Disk atau SSD

Cabut hard disk atau SSD, lalu bersihkan disekitar connector menggunakan kuas. Selanjutnya coba tancapkan lagi. Hidupkan laptop dan tunggu beberapa saat. Jika masih belum bisa, coba langkah selanjutnya di bawah ini.

Periksa RAM

Apabila Anda mempunyai 2 keping RAM, coba pasang satu persatu dulu dan pindahkan posisi pada slot RAM. Jika masih belum bisa, coba lakukan langkah berikutnya di bawah ini.

Flash BIOS

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan. Laptop kami bisa normal kembali berkat cara ini. Namun, flash BIOS tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang karena prosesnya yang sangat rumit dan membutuhkan alat khusus. Oleh karena itu, untuk melakukan flash BIOS kami sarankan untuk menyerahkan ke tempat servis laptop terdekat.

Bagi Anda yang berada di Jogja dan sekitarnya, kami ada rekomendasi tempat servis laptop yang bagus, yaitu LaptopGuard. Untuk biaya flash BIOS sekitar Rp250.000.

Itulah cara mengatasi laptop stuck di logo yang bisa Anda coba agar laptop bisa normal kembali. Silahkan ceritakan pengalaman Anda yang pernah mengalami masalah ini dan cara mengatasinya pada kolom komentar di bawah ini.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop Stuck di Logo"